Mengatasi Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi atau Tidak Bisa Dipencet


DandanPonsel - Jangan khawatir jika iPhone anda bermasalah di tombol home atau tombol awalan tombol tengah yang ada di perangkat. Bagaimana Cara Mengatasi Tombol iPhone Rusak? Seperti yang kita tahu bahwa Smartphone saat ini populer dengan Layar Sentuh atau Touchscreen sehingga untuk tombol sangat minimalis. Mulai dari Hp Android hingga ponsel pintar keluaran apple yaitu iPhone. Biasanya hanya terdapat 3 tombol di depan dan masing-masing satu di kanan dan kiri. Dengan minimnya tombol memungkinkan kita sering melakukan atau memencet tombol dengan frekuensi yang sangat sering. Sehingga kemungkinan tiga tombol tersebut rusak lebih besar, terutama tombol tengah yanitu tombol Home atau Tombol Menu. Bagaimana jika tombol home atau Menu tersebut rusak? Nah kita akan bahas mengenai seputar masalah ini

Tombol iPhone tidak berfungsi terutama pada bagian tombol tengah yaitu tombol home diakibatkan beberapa hal. Bisa akibat seringnya memencet sehingga elemet atau plat didalamnya tidak kembali atau sebaliknya, tidak mau kembali dan menyebabkan tombol error karena memencet terus menerus secara langsung tanpa kita sadari. Akibatnya tombol pada iPhone rusak.

Untuk memperbaiki tombol iPhone rusak ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Berikut kita akan memberikan cara mengatasi tombol iPhone rusak yang mungkin bisa anda coba dan sesuai dengan masalah yang anda hadapi.

Memperbaiki Tombol Home iPhone Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol Home iPhone Rusak

 Dan inilah beberapa cara yang bsia dilakukan untuk mengatasi tombol iPhone yang error atau rsauk :

1. Kalibrasi Ulang
Jika tombol rusak bukan akibat secara fisik (benturan, terjatuh, dll) kemungkinan hanya setelan atau seetingnya saja berubah, untuk itu bisa lakukan kalibrasi ulang tombol.  Caranya dengan membuka aplikasi bawaan sepeti reminder, notes, music, atau apapun. Selanjutnya Tekan dan tahan tombol Power kurang lebih selama 4 detik atau sampai muncul menu Slide to power off. Setelah itu lepaskan tombol Power dilanjutkan dengan menahan tombol Home sekitar 6 hingga 7 detiksampai pilihan tersebut hilang. bila sudah selesai, maka aplikasi yang tadi kamu buka akan tertutup otomatis.

Proses diatas memang gampang-gampang susah dan membutuhkan kesabaran untuk melakukannya sampai berhasil.

Cara ini tidak berlaku untuk tombol yang rusak akibat pengaruh fisik seperti terbentur atau terjatuh karena jika terjatuh kemungkinan besar yang rusak adalah hardware atau perangkat keras dan harus diganti baru.

Tetapi sambil menunggu mengganti, anda dapat menggunakan tombol home dengan memunculkan layar sentuh untuk home. Caranya bisa dibaca di poin 2

2. Assistive Touch
Jika tombol home sudah tidak berfungsi, anda masih dapat menggunakan fitur assistive touch di iOs devices baik iPhone, iPad dan iPod. Untuk mengaktifkannya masuk ke Setting > General > Accessibility > Assistive Touch. Dengan mengaktifkan menu ini akan tersematkan tombol transparan pada layar. Pada menu ini kamu masih bisa menggunakan dungsi tombol home seperti biasa. Tombol ini bisa dipindah di sisi layar manapun sesukamu.

Lihat Juga Memperbaiki Android Getarnya Rusak

Jika cara di atas tidak bisa menyelesaikan masalah tombol home di iPhone, kemungkinan besar, hardware yang bermasalah dan perlu dilakukan penggantian. Ada baiknya anda berkonsultasi dengan teknisi terdekat atau jika masih garansi bisa menghubungi layanan service center Apple untuk memecahkan nasalah ini.  Meski ada banyak faktor yang mempengaruhi, tetapi pada dasarnya, tombol home ataupun tombol lainnya seperti power, volume, khususnya pada iPhone memiliki lifetime atau masa efektif penggunaan sehingga jika iPhone anda kategori yang sudah lama misalnya lebih dari 3 tahun, kerusakan hardware sangatlah memungkinan karena termasuk wajar.

Masalah hardware di tombol Beranda biasanya terjadi karena adanya aus atau keausan. Dalam beberapa kasus, dan terutama di mana iPhone digunakan di lingkungan yang berdebu atau kotor, tombol Home dapat menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan. Jangan anggap ini yang terjadi jika tombol Beranda Anda bekerja sebentar-sebentar (beberapa waktu) — masalah perangkat lunak juga menyebabkan hal ini. Dalam pengalaman saya, masalah keausan mempengaruhi iPhone pra-Touch ID (iPhone 5 dan yang lebih lama) lebih dari model saat ini.

Tombol Hometerpasang secara fisik ke layar iPhone Anda, dan dua kabel membawa sinyal tombol Beranda ke papan logika. Satu kabel berjalan melalui bagian atas layar dan menghubungkan di bagian atas papan logika, dan kabel lainnya menghubungkan ke papan logika di bawah tombol Home di sebelah kiri. Jika tampilan iPhone Anda rusak atau iPhone Anda basah, salah satu kabel atau konektor tombol Home mungkin rusak juga.

Nah mudahkan Cara Memperbaiki Tombol iPhone Rusak? Tombol yang Tidak Berfungsi bila memang kerusakan terjadi karena hardware tentu mau tak mau harus ganti dengan yang baru atau di bawa ke service. jangan lupa untuk membawa ke Service Center Resmi iPhone untuk penanganan yang optimal. Salam

Diberdayakan oleh Blogger.