Cara Mengatasi Aplikasi Download/Install Sendiri di Android


DandanPonsel - Bagaimana cara mengatasi android yang instal aplikasi sendiri? Apakah kamu mengalami hal demikian? ada aplikasi yang install sendiri atau download aplikasi lain sendiri? Nah memang jika kita mengalami hal ini sangatlah tidak mengenakkan karena tiba-tiba banyak aplikasi yang terinstall sendiri atau bahkan download aplikasi sendiri. Selain hanya memenuhi memori, juga dapat menyebabkan Smartphone kita lemot karena banyaknya aplikasi terinstall dan juga kadang menghabiskan kuota data internet ktia sendiri. Lalu bagaimana mengasi hal ini?

HP Android yang menginstall aplikasi sendiri itu bukan tanpa sebab. Jika kita ingat-ingat tentu sebelum hal ini terjadi biasanya kita pernah mengunduh aplikasi.Untuk mecegah atau memperbaiki aplikasi yang terinstall sendiri agar tidak menginstalll lagi perlu ktia ketahui faktor penyebab dan hostory sebelumnya yang ktia lakukan untuk mendeteksi penyebabnya. Misalnya sebelum terjadi hal ini kit pernah mendownload Lagu, Video, atau aplikasi lain dan setelah itu muncul aplikasi-aplikasi lain yang terpasang. Biasanya terjadi ketika kita mendownload aplikasi tidak lewat PlayStore.

Lihat juga Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Diinstall

Perlu diketahui, kadang kita perlu mengetahui jenis format file yang ktia download, msialnya jika ktia memang ingin download lagu, seharusnya file yang kita download harus berformat .mp3, jika bukan (ternyata apk/exe) maka kemungkinan besar akan mengalami hal seperti ini yaitu aplikasi akan menginstall aplikasi lain untuk dipasang di smartphone atau tablet yang ktia punya. Jika kita sudah mengingat sesuatu yang kita lakukan sebelumnya terjadi hal ini, berarti kita bisa melakukan pencegahan atau menghilangkan aplikasi ini.

 Cara Mengatasi Aplikasi yang Install Sendiri di Android

 Cara Mengatasi Aplikasi yang Install Sendiri


Untuk mengatasinya hp yang menginstall aplikasi sendiri, berikut langkah yang perlu dilakukan :

1. Hapus aplikasi/file yang dianggap menjadi penyebab
Seperti yang disebutkan diatas, ingat-ingat aplikasi yang pernah kita download sebelum masalah ini muncul, lalu hapus aplikasinya.

2. Lakukan Scan Virus
Bila setelah ktia menghapus file yang tadi, ternyata masih muncul, bisa jadi file penyebabnya masih tertinggal dan tidak terhapus, artinya ini adalah malware atau virus. Segera gunakan antivirus, jika belum punya bisa mengunduh di Google Playstore. Setelah terinstall antivirus segera jalankan antivirus, ganti Scan Level menjadi Deep lalu Scan Device dan tunggu hingga proses scan selesai. Setelah itu dibersihkan dengan memilih Resolve All.

3. Hapus folderSNOWFOXCR
Buka storage/memori pada Pnegelolaan File. Jika ada folder bernama SNOWFOXCR, itu adalah virus. Segera hapus dengan cara menghapusnya. Biasanya lokasinya di path, pada /External Storage/Android/Data/Snowfoxcr atau internal Storage/Android/Data/Snowfoxcr.

dengan tiga langkah diatas, kemungkinan besar tidak ada lagi file yang akan menginstall aplikasi sendiri. Nah


Demikian mengenai Cara Mencegah Android menginstall aplikasi sendiri. Bila hal diatas masih belum bisa mengatasi android kamu yang menginstall aplikasi sendiri, ada baiknya lakukan Factory Reset karena memang ada malware yang sudah tertanam di ponselmu. Semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.