Cara Mengatasi Error Google Play Services Has Stopped dengan Mudah


Tips Smartphone - Bagaimana cara mengatasi Play Store yang muncul Google Play Service Has Stopped? Meskipun Google PlayStore merupakan aplikasi yang paling mendukung dalam operasi android, tetapi masih ada saja masalah seperti halnya error di BBM. Salah satu masalah yang muncul error di playstore yaitu Google Play Service Has Stopped yang biasany muncul setelah upgrade versi Android.

Munculnya Google Play Service Has Stopped biasanya terjadi karena playstore yang sebenarnya versi android terbaru yang terpasang belum bisa membaca atau tidak support terhadap playstore bawaan ponsel. Seperti muncul pesan Sayangnya, Layanan Google telah Berhenti, atau sejenisnya memang kadang bikin kita sedikit panik. Sebenarnya hal ini bisa kita telusuri penyebab mengapa hal ini terjadi, dan tentunya jika kita sudah mengetahuinya kita bisa mencoba mengatasi atau memperbaikinya sendiri. Nah untuk mengatasi hal ini tidak perlu khawatir. Kali ini kita akan mengulas masalah ini:

Mengatasi Error Google Play Service Has Stopped

Mengatasi Error Google Play Service Has Stopped


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut cara menghilangkan error playstore Service Has Stopped:
  • Langkah pertama, masuk ke menu setting pada smartphone anda.
  • Pilih menu "Installed apps", atau di beberapa hp berbeda, misalnya menu "Apps" atau "Kelola Aplikasi"
  • Lalu geser ke arah bawah, hingga Anda temukan menu "Google Play Service".
  • Setelah itu klik  "Force Stop"atau jika ponsel lainnya bertuliskan "Hentikan Paksa"
  • Lalu cari "App Details" di Google Play Service tadi
  • Kemudian "Clear All Data"
  • Setelah itu  "Manage Space"
  • Jika sudah, keluar dari menu setting dan restart smartphone anda.

Setelah restart selesai, karena tadi sudah melakukan penghapusan data, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan sinkronisasi ulang untuk akun google:
  • masuk ke pengaturan dan klik akun
  • Pilih yang akun google kemudian klik untuk sinkronisasi agar Google Play Service kembali terhubung dengan akun anda. 

Bila setelah sinkronisasi muncul masalah has stopped lagi, cobalah untuk mematikan GPS atau izin akses lokasi karena hal ini juga bisa berpengaruh. Kalau dengan beberapa cara di atas masih belum menyelesaikan masalah, saatnya untuk reset factory.

Demikian Cara Mengatasi Error Google Play Service Has Stopped di PlayStore, semoga bisa memberikan solusi yang Playstore-nya sering error. Penggunaan ponsel yang bijak akan membuat smartphone lebih tahan lama. Jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaan dan pengendalian ijib akses untuk setiap aplikasi yang anda pasang sehingga mengetahui kemungkinan yang akan terjadi.

Diberdayakan oleh Blogger.