Mengatasi Playstore Tidak Bisa Dibuka dan Menutup Sendiri


DandanPonsel - Ternyata banyak yang mengalami masalah dengan Playstore. Ada yang aplikasi playstore menutup dengan sendirinya saat digunakan download, atau error connection. Ada juga yang bahkan Playstore bisa dibuka. Nah mengenai masalah-masalah memperbaiki masalah di android ini, kita coba telusuri dari mana asal muasal troubleshooting-nya. Mari kita telusuri mengenai error playstore anda dan bagaimana mengatasi Playstore yang Menutup Sendiri dan Tidak Bisa Dibuka.

Playstore menutup sendiri umumnya terjadi pada ponsel-ponsel asal china, walaupun tidak menutup kemungkinan ponsel lains eperti dari korea(samsung) dan lain-lain juga terkena masalah ini. Beberapa pengalaman yang mengalami masalah ini biasanya Hp merek Xiaomi, Meizu, Oppo, dan juga Advan yang kebanyakan terjadi akibat spesifikasi yang sangat minim sedangkan kinerja yang dibutuhkan cukup tinggi sehingga ketidakseimbangan ini membuat ponsel mudah mengalami error dan tentunya akan menjadi dampak yang buruk untuk jangka panjang.

Jika anda membuka playstore dengan keterangan Error No Connection anda bisa membaca cara mengatasinya di halaman Mengatasi error di Playstore. Masalah-masalah ponsel yang seperti ini memang terasa sangat mengganggu kenyamanan kita, terlebih jika kita sedang membutuhkan aplikasi yang error tersebut. Playstore yang susah dibuka memang ada beberapa faktor baik secara software yang error atau hardware yang bermasalah. Sebelum adanya masalah p[laystore tidak bisa dibuka biasanya ada tanda-tanda seperti misalnya muncul pesan "sayangnya Playstore telah Terhenti" atau "aplikasi tidak merespon" dll. Atau tanda-tanda lainnya yang lebih parah adalah saat dibuka langsung menutup sendiri. Untuk itu sebelum kita memperbaiki masalah ini tentunya kita harus mengetahui dahulu penyebabnya, karena setiap masalah meskipun masalahnya sama kadang penyebab atau faktor yang mempengaruhinya berbeda.

Mengatasi Playstore yang Menutup Sendiri


Terkadang pada saat akan membuka aplikasi playstore muncuk informasi peringatan yaitu  : "Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped".

Jika pesan ini muncul, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan :
  • Buka menu pengaturan
  • Selanjutnya pilih manajer aplikasi.
  • Di dalam manager aplikasi terdapat 3 tab (unduhan, berjalan, dan semua), maka arahkan dengan cara menggeser tab hingga terbuka di "Semua"
  • Selanjtunya tekan tombol opsi atau tombol kiri di samping menu home. 
  • Setelah muncul pilihan, klik "reset preferensi aplikasi"
  • Setelah  Klik "reset aplikasi" tunggu sampai selesai.
  • Aplikasi sudah direset, artinya sudah dilakukan pengecekan dan perbaikan untuk aplikasi yang mengalami error atau corrupt

mengatasi Playstore yang Menutup Sendiri

Anda tidak perlu khawatir mengenai hilangnya data, karena langkah ini tidak akan menghapus data-data apapun sehingga ini hanya refresh saja. Jadi tidak perlu khawatir data hilang karena tidak berpengaruh pada memori penyimpanan baik internal ataupun eksternal. Semoga dengan cara ini, playstore bisa kembali dibuka dengan normal. Jika masih belum bisa lakukan langkah selanjutnya yaitu :

  • Reset factory ini akan menghapus semua data yang ada di dalam smartphone. Ada baiknya sebelum melakukan reset factory lakukan backup data dahulu agar anda tidak kehilangan data baik video, foto, maupun file yang mungkin penting bagi anda.

Jika reset Factory masih belum bisa, jalan satu-satunya adalah melakukan :
  • Root ponsel anda agar aplikasi android anda diganti programnya. Cara ini berfungsi untuk mengganti program android yang ada pada ponsel tersebut dengan android baru yang versinya sama atau versi yang lebih tinggi. Hal ini untuk memperbaharui aplikasi playstore yang sudah rusak sehingga bisa digantikan dengan playstore baru.
Dua cara terakhir dapat anda pilih salah satu mana yang anda ingin mencoba dahulu sebab keduanya sama-sama memperbaiki Playstore, bedanya jika reset factory adalah memperbaiki dengan palikasi yang ada di ponsel sedangkan root mengganti dengan yang baru.

Jika anda memiliki permasalah lain seputar Playstore, kami memiliki beberapa solusi, diantaranya :

Jika anda ingin mengunduh Antivirus, ada beberapa saran antivirus gratis yang bisa anda gunakan sebagai pelindung ponsel anda dari ancaman virus atau aplikasi yang mencurgakan. Silakan bisa baca di : antivirus android yang ampuh

Demikian cara mengatasi Playstore tidak bsia dibuka dan Tidak Bisa Dibuka semoga bisa bermanfaat untuk anda. Bagi pemilik ponsel dengan speisifikasi yang minim, harus paham kemampuan maksimal dari ponsel yang anda milikis ehingga ponsel tetap normal tanpa harus muncul error.

Diberdayakan oleh Blogger.