Cara Mengatasi HP Android Tidak Terbaca di Komputer


Tips Android - Bagaimana mengatasi HP Android Tidak terbaca di PC? apakah kamu salah satu dari yang mengalami maslaah tersebut? Pernahkah kalian mengalami masalah saat ketika ingin memindahkan data dari android ke pc tapi tidak terbaca? Tentunya pasti pernah mengalaminya kan ya. Lalu bagaimana sih cara mengatasi USB android yang tidak terbaca di komputer atau laptop? Padahal kabel data sudah terhubung tetapi tidak muncul di laptop. Masalah ini tentunya sangat mengganggu kegiatan anda saat ingin mentransfer file dari perangkat android ke komputer tidak bisa terhubung.

HP Android Tidak terbaca di PC memang terjadi akibat beberapa faktor. Bisa jadi akibat kabel data yang memang kurang bagus atau memang dari segi port pada sharger sudah rusak untuk bagian transfer data. Sebab ada beberapa kasus ketika dicolokkan ke Laptop atau komputer ternyata hanay mengecas atau mengisi baterai saja namun tidak terdeteksi. Ada juga yang memangd ari laptop atau komputernya yang tidak bsia mendeteksi removable disk sehingga apapun yang dicolokkan tdak  terdeteksi. Untuk mengatasinya ktia perlu melakukan beberapa langkah :

Cara Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi Komputer

Cara Mengatasi HP Android Tidak Terdeteksi Komputer
Ada beberapa permasalahan atau penyebab dan cara mengatasinya. Berikut beberapa penyebabnya antara lain :

  • usb hp tidak terdeteksi
  • Driver tidak tersedia
  • Setingan Mode Device atau USB Debugging Belum aktif
  • Slot transfer data rusak


Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp yang tidak terhubung ke komputer, antara lain :

1. Pastikan Kabel USB atau kabel data Normal
 Salah satu penyebab yang kadang tidak terduga adalah dari kabel data sudah tidak menghubungkan. Artinya kabel data sudah rusak. MEskipun masih bisa untuk mencharger, namun untuk koneksi menggunakan jalur berbeda sehingga kemungkinan rusak ada meski masih bsia untuk mengecas. Ada baiknya periksa atau dengan mencoba kabel data lain dahulu.

2. Instal Update Android USB Device Drivers
Jika cara sebelumnya sudah dilakukan, artinya kabel data dipastikan masih berfungsi dengan baik, selanjutnya adalah mengistall driver USB device pada komputer. Beberapa merk ponsel mengharuskan mengisntall driver agar dapat mendeteksi HP Android yang disambungkan. Untuk mendownload driver anda bisa mencari di masing-masing situs merk ponsel android anda.

3. Android setting  Mode MTP
Selain itu, terkadang hanya pada setingan. Pada setingan yang dapat dideteksi komputer adalah setingan pada android dengan mode MTP. Untuk merubah atau memastikan setingan anda bisa membuka di Menu>>Pengaturan>>Penyimpanan. Selanjutnya tap atau pilih ikon titik 3 di pojok kanan atas dan pilih USB Computer Connection.  Setelah muncul opsi connect as Media device (MTP) dan Camera (PTP). Silahkan pilih/centang Media device (MTP). 

4. Aktifkan USB Debugging
Selain MTP Mode, ada satu lagi setingan agar bisa terdeteksi Komputer atau laptop yaitu setingan USB Debugging. PUntuk cara mengaktifkanya buka menu Setting atau Pengaturan >> Developer Options >> Centang USB Debugging.

5.  USB Port anda telah Rusak
Nah yang terakhir, jika semua cara diatas sudah dilakukan namun tetap belum bisa, artinya kemungkinan besar USB Debugging pada ponsel android anda telah rusak. Anda harus melakukan flashing ulang program android anda. Untuk melakukan Flash jika memang belum berpengalaman ada baiknya dibawa ke service terdekat. Jika ponsel anda masih masuk masa garansi, maka bisa datang ke Service Center Terdekat di Kota anda.

Jika anda berminat melakukan Root Android tanpa menggunakan komputer, anda bisa membacanya di Cara Root Android Tanpa PC

Nah, beberapa cara mengatasi HP Android tidak konek di Komputer ini merupakan langkah untuk mendeteksi kerusakan. Jika memang rusak secara fisik, misalnya terbentur benda keras atau terjatuh, maka bisa dipastikan hardware yang perlu diganti. Artinya anda perlu melakukan service karena jika sebelumnya tidak bermasalah kemudian terjatuh atau terbentur menjadi muncul masalah ini, penyebabnya sudah jelas. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.