Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Bergetar (Vibra Rusak)


DandanPonsel - Bagaimana cara Mengatasi Getar hp yang rusak? Ini mungkin kedengarannya sepele jika Anda tidak pernah mengalami masalah semacam ini. pernahkah tiba-tiba hp android kamu tidak bisa bergetar atau getar tidak berfungsi? Hp yang tiba-tiba tidak getar atau Vibrate nya rusak diakibatkan banyak hal, biasanya diawali dengan sering terjatuh atau bsia juga akibat software atau android terkena virus. Fungsi getaran dapat bertindak sebagai alat yang hebat untuk memberi tahu Anda tentang informasi penting. Saat Anda berada di depan umum, seperti rapat, film, atau acara sepi, Anda tidak ingin nada dering Anda aktif. Kasar. Sebaliknya, menggunakan fungsi getaran di Android Anda dapat membuat Anda tetap terhubung dengan apa yang Anda inginkan tanpa memecah kesunyian untuk orang lain. Tapi bagaimana jika ternyata fitur getar di android tidak bergetar atau rusak? Jangan takut karena Anda akan menemukan solusi untuk masalah Anda di sini.

Ada berbagai alasan mengapa HP Android Anda tidak muncul bergetar mulai dari konfigurasi yang salah hingga masalah perangkat keras seperti motor getaran yang rusak. Jika Anda menghadapi masalah seperti itu, maka tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda cara memperbaiki Android tidak bergetar dan apa yang harus dilakukan jika motor getaran tidak berfungsi. Namun sebelum ke hardware tentunya kita coba dahulu siapa tahu hanya masalah setelan atau sistem saja yang bermasalah sehingga menyebabkan tidak ada getaran.

HP yang tidak bisa bergetar biasanya ada faktor sebelumnya, tidak tiba-tiba. Untuk memperbaiki getar hp mati harus diketahui dahulu penyebabnya. Jadi hal pertama yang perlu diingat adalah hal apa yang terakhir terjadi atau dilakukan. Nah kali ini kita akan membagikan beberapa solusi mengatasi hp yang getarnya mati.

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Getar


memperbaiki getar di hp

Ada beberapa langkah mengatasi hp tidak mau getar atau getar tidak berfungsi yang harus dibedakan. Berikut macam-macamnya :

Mengatasi HP Samsung Tidak Bergetar

Nah, untuk Smartphone merk samsung tipe apa saja, ada setingan dengan cara :
1.  Ketik *#0842#
2.  Lalu akan muncul menu test vibration
3.  Setelah itu klik ON atau AUTO terserah yang diinginkan.

Cara ini hanya bekerja untuk perangkat samsung. Jika hanya setingan saja, kemungkinan besar langsung bisa normal kembali

Lihat Juga Mengatasi Kartu SIM tidak terbaca

Mengatasi HP Tidak Getar saat ada Telepon atau SMS  Nah, ini yang banyak terjadi, HP tidak bergetar saat ada panggilan masuk atau smsm yang masuk padahal ketika dicek pada pengaturan sudah benar. Nah untuk maslaah ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan, diantaranya :
      - Cek komponen vibrator dengan menggunakan multiteseter, pastikan komponen masih baik, caranya :
Gunakan multitester manual skala x1 lalu hubungan kabel multitester dengan kutub positif dan negatif dari komponen Vibra. Jika komponen Vibra bergetar maka komponen dalam keadaan baik, tetapi bila komponen Vibra tidak bergetar maka kita perlu mengganti komponen Vibra tersebut.
      - Buka casing dan bersihkan pad PCB karena kemungkinan hanya kotor dan mengganggu jalur.
      - Saat membersihkan, teliti juga apakah ada jalur yang putus, jika ada, bisa lakukan jumper pada jalur yang putus, caranya :
Lakukan jumper langsung dari IC Pengontrol (IC UI) menuju komponen Vibra.
      - Jika semua di atas sudah ok, kemungkinan besar adalah komponen User Interface-nya yang rusak, ganti IC UI drivenya. Cara mengeceknya :
Lanjutkan dengan memeriksa jalur positif (+) dari battery menuju ke Vibra . Bila jalurnya terputus maka lakukan sistem jumper pada jalur yang terputus tadi. Tetapi jika komponen maupun jalur Vibra sudah baik, tetapi ponsel tetap tidak bisa bergetar, maka coba anda periksa dan uji apakah IC UI masih baik. Jika masih baik, maka cukup panasi saja IC UI dengan blower. Jika ternyata IC UI rusakk, maka gantilah dengan IC UI yang baru.

Demikian beberapa Cara memperbaiki Getar pada HP Android atau ponsel apapun yang mengalami gangguan pada Vibr. Nah semoga tulisan ini bsia bermanfaat bagi anda yang ingin mengatasi getar hp yang tidak berfungsi. Tinggalkan komentar di bawah ini tentang perbaikan mana yang berhasil untuk Anda, dan jika Anda menikmati artikel ini, bagikan ke teman Anda ketika Anda mendengar mereka mengajukan pertanyaan , "Mengapa hp android saya tidak bergetar?"

Diberdayakan oleh Blogger.