Cara Mengatasi Kamera Gagal/Failed di Android

DandanPonsel -  Bagaimana Cara Mengatasi Kamera Gagal di Android? Dengan berkembangnya teknologi yang memungkinkan setiap orang memiliki ponsel kamera dan dibawanya setiap saat, ketika sebuah momen atau saat-saat berharga tentunya kita ingin mengabadikannya melaui kamera ponsel, baik foto ataupun video. Lalu bagaimana bila saat kita ingin memotret atau merekam dan kita membuka ponsel dan menekan menu kamera, tiba-tiba muncul peringatan Camera Failed? tentunya sangat meyebalkan bukan? Lalu bagaimana cara mengatasi kamera di HP muncul Kamera Gagal?

Kamera Gagal atau Kamera Failed yang muncul di HP Android misalnya, biasanya diakibatkan oleh file atau aplikasi kamera bawaan yang bermasalah. Mungkin bisa korup (Corrupt) atau error pada aplikasi kamera asli atau bawaan ponsel. Meski banyak aplikasi kamera di Android atau bahkan aplikasi kamera tembus pandang yang ditawarkan di Google Playstore, ada beberapa orang yang lebih nyaman menggunakan aplikasi kamera bawaan karena hasilnya lebih natural dan original.

Ada beberapa hal yang meyebabkan HP android kamera gagal. Bila secara fisik, bisa diakibatkan jatuh, atau terbentur benda keras. Ada juga kerusakan dari software, seperti yang sudah dijelaskan di awal yaitu kerusakan atau error aplikasinya. Salah satu gejala awal dari munculnya Kamera Gagal akibat pada kondisi baterai hampir habis lalu dibuat untuk memotret dan di tengah-tengah pemotretan atau pengambilan gambar hp mati karena tidak kuat baterainya. Lalu saat dinyalakan posii baterai sudah penuh, kamera tetap tidak bisa dibuka. Bila kamera gagal akibat jatuh atau terbentur benda keras, biasanya ada beberapa komponen yang harus diperbaiki. Ada baiknya segera bawa ke Service Center terdekat. Namun bila sebelumnya tidak terjadi apa-apa namun tiba-tiba muncul tulisan Kamera Gagal, coba ikuti langkah di bawah ini :

Cara Mengatasi Kamera Gagal/Failed di Android

Cara Mengatasi Kamera Gagal/Failed di Android


Hal yang harus diperhatikan adalah bahwa cara ini bisa digunakan atau dapat bekerja juga untuk HP Android yang sudah di-ROOT maupun belum atau bawaan asli.

Messages atau tulisan yang muncul saat kamera gagal biasanya bertuliskan : "Camera failed ErrorCallbakOnError", atau "Error Message Handler.handlerMessage (-1)", atau "Cannot connect to camera".

Cara Root anda bisa baca di Cara Root Android tanpa PC.

Berikut Cara Mengatasi Kamera Gagal atau Camera Failed di Android :

1. Langkah pertama adalah melakukan restart, atau istilahnya Reboot. Beberapa ponsel memiliki tombol reboot pada tombol on/off dengan cara menekan satu kali akan muncul pilihan Reboot.
2. Jika setelah reboot masihmuncul Kamera Gagal, coba untuk membersihkan aplikasi Kamera mulai dari Cache dan juga Data. Masuk ke menu pengaturan >> Aplikasi >> pilih Kamera. Setelah itu klik Hapus Data. Otomatis Cache pun akan terhapus. Tetapi jika hanya hapus Cache, data masih tetap ada.
3. Jika langkah diatas masih tetap belum mengatasi muncul kamera Gagal, lakukan Factory Reset dengan mengembalikan ke pengaturan awal.  Biasanya ada pada menu pengaturan dan berad adi paling bawah.
4.  Khusus untuk HP yang sudah pernah diroot, bisa melakukan penggantian Custom ROM Ganti custom ROM dengan yang baru karena bisa saja akibat custom ROM yang tidak sempurna.
5. Masih untuk ponsel yang sudah diroot, lakukan penghapusan aplikasi kamera dan kemudian pasang lagi untuk memastikan pemasangan atau install yang sempurna.

Ada yang menganggap kamera gagal akibat virus. Untuk itu perlu kenali Ciri-ciri android terkena virus agar tidak salah analisa. Demikian Cara Mengatasi Kamera Failed atau Kamera Gagal di Android, semoga bermanfaat bagi anda. Salam
Cara Mengatasi Kamera Gagal/Failed di Android | Mia Vallen | 5