Mengatasi Layar Sentuh(touchscreen) Bergaris-garis

Bagaimana Cara Mengatasi Layar Sentuh(touchscreen) Bergaris-garis? banyak permasalahan yang terjadi pada lcd hp atau layar sentuh yang marak dialami oleh Smartphone Android. Munculnya garis yang terjadi pada layar sentuh mungkin 1-2 garis atau lebih garisnya. Hal ini sangat mengganggu pada pemakaian kenyamanan kita. Terjadinya layar sentuh bergaris jangan buru-buru diganti dengan layar baru. Karena sangat disayangkan bila ternyata masih bisa kita perbaiki.

Memperbaiki layar sentuh yang bergaris tentu harus diketahui dahulu penyebabnya sehingga dalam penanganan kita tidak salah langkah. Yang paling sering terjadi biasanya adanya benturan atau penekanan keras karena terjatuh. Ada beberapa penyebab terjadinya layar bergaris, diantaranya:
  1. Handphone terlalu sering jatuh atau terkena benturan benda keras
  2. Terlalu sering terkena radiasi signal 
  3. Panas yang terlalu over
  4. Umur pakia layar yang memang sudah waktunya ganti (handphone terlalu tua)
  5. Layar Terkena Air

 Mengatasi TouchScreen/Layar Sentuh bergaris

Untuk mengatasi layar sentuh bergaris seperti kasus ini, berikut cara memperbaikinya:

Cara Mengatasi Layar Sentuh Bergaris

Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi layar bergaris. Pertama persiapkan alat-alatnya yaitu:

1. Kain lembut (sapu tangan)
2. Pengorek telinga (CottonBud)
3. Sikat gigi bekas

Langkah memperbaiki layar sentuh ponsel yang bergaris :
1. Buka cashing handphone dalam keadaan hidup atau menyala
2. Gosok secara beraturan di atas layar pada bagian yang rusak secara perlahan dengan cottonbud
3. Jika bergaris kebawah (Vertical), gosok secara halus  dari atas ke bawah.
4. Jika membentuk lingkaran, gosok secara halus searah jarum jam.
5. Jika bergaris ke samping (Horizontal), gosok secara halus kekiri dan ke kanan.
6. Dalam penggosokan, perlu sedikit tekanan dan lihat LCD akan tampak bagian yang rusak seperti lengket.
7. Gosok terus kurang lebih 30 menit. Dibutuhkan kesabaran, karena jika terlalu menekan justru melukai permukaan layar.
8. Jika sudah, Restart handphone, pasang kembali chasingnya.

Baca Juga Cara Mengatasi HP Android Restart Sendiri

Lakukan langkah ini berulang-ulang. Jika memang garis tidak hilang, berarti memang harus segera diganti dengan yang baru atau dalam hal ini umur pakai sudah harus diganti akibat adanya benturan dan merusak garis dalam. Demikian cara memperbaiki layar sentuh bergaris. Nantikan troubleshooting lainnya di postingan selanjutnya. Salam.

Mengatasi Layar Sentuh(touchscreen) Bergaris-garis | Revie Hapsari | 5

84 komentar:

  1. Mhn pencerahan agn2 ,saya barusan melakukan hardreset pada perangkat samsung A7 sy,dan Sy pikir dengan melakukan hardreset hp tersebut kembali normal,ternyata perangkat saya minta email n pass samsung account,dikarenakan ini pemberian pacar saya,yg skr sdh jadi mantan,Sy sungkan untuk bertanya,karna hp ini saya terima sdh beserta akun gogle/akun samsung yg di buat pacar/mantan saya yg sdh sama sekali Lost contak maka hp samsung E7 saya sdh tidak bisa di gunakan,tambah lagi jahil nya saya yg terus mencoba dengan akun samsung yg baru sebanyak 5x dengan salah maka tamatlah sdh perjuangan saya hehe,pernah mencoba sebuah tutorial youtube yg punya masalah yg sama,sampai ke pengaturan bisa,tapi setelah sampai di pilihan hapus semua data,punya saya tidak bisa di clik atau memang terkunci sehingga tidak ada pilihan untuk menghapus,seperti tutorial yg saya liat di youtube....bagi agan2 yg pernah mencoba/berhasil mohon info dan pencerahan nya donk....sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan bisa lakukan reset factory, untuk reset factory type samsung :


      Pertama-tama pastikan baterai anda cukup, minimal 70% untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.
      Lalu matikan handphone atau tablet android anda.
      Tekan dan Tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersamaan beberapa detik.
      Gunakan Volume Up untuk memilih menu “Factory reset / wipe data”.
      Kemudian tekan tombol Home untuk memulai proses reset.
      Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
      Kemudian pilih lagi menu Reboot System Now.

      Hapus
  2. Trimakasih gan atas solusinya, sy coba dulu semoga berhasil...

    BalasHapus
  3. Trima kasih mas atas solusinya. Bagus banget. Hope it'll work...

    BalasHapus
  4. Kalau bentuk lingkarannya agak gelap tapi masih transparan gmn om? Trus klo garansi masih ada sebaiknya gmn? Di garansiin bisa g? Rada risih nih ada lingkaran g jelasnya, makin lama makin besar pula, tapi kadang suka hilang sndiri.. Tolong bantu dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau masih garansi lebih baik konsultasi ke centernya aja itu lebih baik :)

      Hapus
  5. terus itu sikat gigi sama sapu tangan gunanya apa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk menggosok bagian yang dibersihkan :)

      Hapus
  6. Ok gan t cobak e... moga 2 berhasiill...

    BalasHapus
  7. kalau garis itemnya lurus...caranya gimana...soalnya tambah tebal garisnya...thanks

    BalasHapus
  8. Gan,kalo hape xiaomi mi41 gimana yaj?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk xiaomi saya pribadi belum pernah membongkarnya

      Hapus
    2. mbak mau tanya kalau hp saaya tiba tiba muncul garis garis .solusinya

      Hapus
  9. Hp ane benq b502 layarnya bergaris, tp garisnya bergerak gt..cara benerinnya gimana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan hp saya juga gitu, hp saya benq b502 juga

      Hapus
    2. Sama gan hp saya juga gitu, hp saya benq b502 juga

      Hapus
    3. sama gan Benq B502 punya saya jg gitu, kalo udh ada solusi kabari ya gan :-)

      Hapus
    4. Nyimak ,senasib nih . kalo ane iphone 4g . pencerahan nya dong . masih ada cara gak selain ganti lcd? -_-

      Hapus
    5. sama gan hp benq b502 punya saya juga gitu...garis putih bergerak2 -_-

      Hapus
    6. Hp benq b502 saya juga gitu, senin atau selasa rencana mau ke sc benq nih hiks

      Hapus
    7. Ternyata tidak benq saya saja yang bernasib naas.. benq saya malah jadi kaya sarung atlas layarnya.. T_T

      Hapus
    8. Ternyata tidak benq saya saja yang bernasib naas.. benq saya malah jadi kaya sarung atlas layarnya.. T_T

      Hapus
    9. sama juga, penyakit benq b502 sama semua ya.

      Hapus
    10. Saya juga ne benq b502, udah dateng ke it sc, tp trnyta udah gak garansi lg, jd ya pasrah aja ne..mungkin ada yg bisa bntu

      Hapus
    11. Saya juga senasib.....hu...hu....
      Ayo dong pada curhat di kaskus forum.....di sana juga ada curhatanku....

      Hapus
  10. Gan gimana ya. Masa hp sy jadi putih begaris gitu. Pas malem tuh sy lagi ngirim data dr laptop k hp. Nah pas sy mainkan masih biasa sj. Pas pagi hp sy charger dn sy hidupkan lagi tapi sudah bergaris putih sperti ini. Apa terlalu banyak terkena radiasi signal ya? . bagaimana caranya ya?/ biar kembali seperti semula.?/

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu akibat panas yang terlalu lama pada lcd, untuk mengatasinya bisa dengan membongkar seperti diatas

      Hapus
  11. Gan kalo boleh tanya lagi pas lagi gosok si layar lcd hpnya yang namanya anti gores layar perlu di cabut dulu ga pas mau di gosok gitu !
    Mohon jawabannya gan :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu, yang digosok adalah layar lapisan awal, sedangkan antigores ada di lapisan kedua

      Hapus
  12. Thanks infonya gan,coba ane coba

    BalasHapus
  13. Bisa minta bantuan nggak. Kemaren beberapa hari lalu. Hpku lenovo a7000 tiba tiba layarnya di pinggir pinggirnya keluar biru biru gitu. Dan setelah aku lihat lihat kayaknya setelah aku pake muter lagu plus main gamae. Pdhal hpnya baru 2minggu beli. Terus solusi saya harus gimana ??/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama seperti mba Sarah Citra, mohon jika ada yang mengertišŸ˜Š

      Hapus
    2. Saya juga sama seperti mba Sarah Citra, mohon jika ada yang mengertišŸ˜Š

      Hapus
    3. Sama msalahnya sma citra ma dian

      Hapus
    4. Sama msalahnya sma citra ma dian

      Hapus
    5. Kalau masih garansi, bisa konsultasi dengan pihak center, tapi kalau sudah tidak garansi, coba bersihkan dengan cara diatas

      Hapus
  14. Klo casingnya kgk bs di buka gmn gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk merk apa? setiap merk dan type ponsel untuk membukanya berbeda, bisa mencari cara yang sesuai type

      Hapus
    2. Aku hp oppo
      Mau nanya kalau jaret-jaret di atas dan garis dari atas kebawah warna merah itu gimana ya cara ngehilangin nya tolong bantuannya,,,,

      Hapus
  15. Gan mohon pencerahan,iphone 5 ane tiba tiba muncul garis garis merah,solusinya apa gan? Thx sebelumnya

    BalasHapus
  16. Gan mohon pencerahan,iphone 5 ane tiba tiba muncul garis garis merah,solusinya apa gan? Thx sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. garis merah munculnya sebelumnya karena apa? terjatuh, setelah main game, atau tiba2 saja? jika karena multitasking atau panas akibat game, bisa dengan membongkar dan melakukan langkah diatas. namun jika terjatuh bisa melakukan langkah pada psotingan blog ini yang berjudul Mengatasi HP muncul blank putih :)

      Hapus
  17. hasil copas ya gan kok kagak ada balasan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau menanyakan masalah apa ? :)

      Hapus

    2. Kak lcd iphone 5s saya tiba" bergaris gitu terus gk bisa di tekan klo ada bercak garis nya


      Mohon solusi ny kK

      BalasHapus

      Hapus
  18. Mikum...
    Ane mw nanya ni,gan
    Kemarin pas maen hp kepanasan hingga tewas,pas ane idupin balik kok ada garis putih horizontal di layar gthu...
    Terus,
    Ny kini sering timbul notif,google berhenti,tw system failed gthu lah,..
    Memang sih,hp thu udah ane root..
    Mohon pencerahan ny,thanks

    BalasHapus
  19. Hp saya jatuh trus keluar garis hitam tadi lecil skrg makin panjang. . bisa kah pakai cara ini. . hp saya advan e1c+ susah bukanya. .

    BalasHapus
  20. Gan gua punya iphone 5. Terus garisnya itu mengahadap lurus dari atas ke bawah. Warna garisnya bisa ungu dan putih. Solusinya gimana gan. Tolong di respon secepatnya gan. Karna layarnya ini agak mengganggu. Mau ganti layar tapi harganya 900ribu gan

    BalasHapus
  21. Note 5 gw tiba2 muncul garis biru kecil arah vertikal, cara ngatasinnya gmn ?

    BalasHapus
  22. Gan punya ane galaxy tab 2 10.1 tapi bukan garis2 putih cuma layarnya warna ijo2 ama garis putih item 2 atas bawah gimana caranya ya di perbaikin nya ya? Pas putihnya cuma saat speaker kirinya di teken atasnya keras, cara diatas kyknya susah,soalnya buka casing nya tertutup rapat kyk iphone lah

    BalasHapus
  23. Hpku evas a28m. Muncul garis vertikal banyak kadang warnanya barubah ubah. Tapi gambar masih bisa kelihatan hp masih bisa di pake. Tapi sangat mengaggu. Pake cara itu bisa hilang gk. Takutnya ntar malah tambah rusak.

    BalasHapus
  24. Hpku asus zenfone 2 mungkin terlalu panas akibat game layarnya jadi kayak terbelah jadi 2 kadang layarnya jadi abu" semua berkedip" sendiri kadang normal kadang gak, mau diservice katanya harus ganti lcd mahal banget, gimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  25. Bos mau tanya hp saya asus zenfone 4 masak layar saya ada garis putihnya gitu ..kalau di liat dari samping kelihatan jela. Tapi kalau di lihat dari depan nggak kelihatan itu. Apa penyebabnya bos

    BalasHapus
  26. Perlakuan untuk iphone yg bergaris2 putih vertikal sama ya ?

    Untuk area yg di gosok yang mananya?apa layar di luarnya setelah iphone di buka dalam kondisi nyala.

    BalasHapus
  27. Hape aku acer z500 muncul garis vertical gitu? gimana cara ngatasinnya ya?

    BalasHapus
  28. Misi mau tanya hp saya lenovo a7000+ kok muncul biru gt ya di pinggiran layarnya pdhl malam td masih baik2 aja, mohon bantuan cara mengatasinya.

    BalasHapus
  29. Misi mau tanya hp saya lenovo a7000+ kok muncul biru gt ya di pinggiran layarnya pdhl malam td masih baik2 aja, mohon bantuan cara mengatasinya.

    BalasHapus
  30. Benq b502 bergaris, kecewa ne beli nya bru beberapa bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga senasib....hu...hu .ngumpul di kaskus forum yuk...udah ada yg khusus benq b502....aku juga udah curhat di sana

      Hapus
  31. Kak lcd iphone 5s saya tiba" bergaris gitu terus gk bisa di tekan klo ada bercak garis nya


    Mohon solusi ny kK

    BalasHapus
  32. Kalo untuk IPHONE4s gmna gan?

    BalasHapus
  33. LCD Lenovo A7000 SE saya bergaris , bagaimana ini?

    BalasHapus
  34. Bgai mana cara menghilangkan garis horisntal warnah mrar di hp acer z500

    BalasHapus
  35. Kalo' iphne 5s lcdx garisx berwarna warni saat backgroundx gelap solusix apa ya mbak...thank'z before...

    BalasHapus
  36. Gan... klo Lenovo S960 Chasingnya gk ada, krna batere tanam. Solusinya gmn ya Gan??? Ada garis yg bentuk oval warna warni... layar bawahnya juga ketutup warna hitam, bahkan ngetik ajj jdi susahh.... mohon pencerahannya yaa... sebelumnya, Terima Kasih :)

    BalasHapus
  37. Numpang nanya nih.. hp saya samsung grand duos baru2 ini layarnya bergaris dan blur apabila mesin msh dingin atau ketika baru dinyalain.. tetapi ketika sdh dipakai 5 sampai 10 menit hp kembali normal.. mohon saran solusinya

    BalasHapus
  38. sama gan, himax pure 3s saya juga begitu, kalu lama di diemin keluar garis nya, tapi pas udah lama mininin ilang sendiri, muncul lagi pas di nyalain ulang

    BalasHapus
  39. saya mau tanya nih gan, saya punya Samsung s5 kzoom. nah di layarnya itu ada bayangan tulisan "samsung kzoom" di bagian bawah layar.. itu gimana ya cara menghilangkannya?

    BalasHapus
  40. kalau asus zenfone 2 layar hitam cuma di bagian atas lcd gimana?
    mohon bantuanya

    BalasHapus
  41. mohon bantuannya ya mba , hp asus zenfone 2 layar hitam hanya di bagian atas lcd, solusinya bagaimana mba?

    BalasHapus
  42. Gan tolong bantu solusi nya...
    Sy punya hp samsung a3...
    Keluhan sy,ketika layar redup hendak mati kelihatan garis horizontal di bagian bawah. Akibat sering terjatuh. atau jika efek cahaya redup layar nya berkedip2...
    Terimakasih..

    BalasHapus
  43. Gan, numpang nanya. Hp aku kan samsung yg dual core. Tadinya saya cuma iseng mau buka layar, lah model smartphone ini kan layar tidak pkai skrup cuma pakai lem. Setelah aku coba lama2 terbuka juga alias terlepas semua lem yg melekat. Tapi setelah aku pasang lagi malah layar hp aku jadi bergaris dan gerak2 gitu. Garis2nya pada gerak. Gimana yah solusinya gan? Thanks

    BalasHapus
  44. cara ngebuka hape Galaksi v plus gimana tuh gak pake baut soalnya

    BalasHapus
  45. Hpku jg zenfone 2 ze551ml hp setelah tidak di pakai atau ke adaan terkunci beberapa menit trus saya hidupkan kadag jdi gelap/bergaris tpi gg semua trus saya diamkan ato saya pakai2 beberapa menit gtu jadi normal itu masalahnya apa ea

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. hp saya zenfone 2 ze550kg d lcd nya ada garis merah" gitu gan kadang ada kadang nggak gan garis merahnya ntu, saya gak tau itu apa yang penting agan kasih solusi buat saya,mohon bantuanya gan.terimakasih

    BalasHapus
  48. Hp Evercoss winer Y2+ ,hp ku Bergaris hitam gtu gan trs warna nya kadang berubah gtu Trs juga warna nya pudar....bagaimana ya gan cara nya??mohon bantuan nya terimakasih

    BalasHapus
  49. Mff kalau ga jelas nama hp aku oppo
    Hp saya mengalami jaret-jaret di atas dan garis merah dari atas kebawah kaya lingkaran warna merah itu gimana ya,,,,bukan karena jatuh tapi di diemin sendiri atau panas karena maen game tolong ya solusinya

    BalasHapus