Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)


dandanponsel - Bagaimana Cara Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)? Apakah anda termasuk orang yang pernah mengalami smartphone yang Anda gunakan(baik android atau Hp Biasa) tiba-tiba restart sendiri ketika sedang di gunakan? Jika kondisi ini pernah anda alami pada smartphone Anda, bisa jadi smartphone tersebut terkena penyakit yang disebut dengan Smartphone BootLoop, yaitu sebuah proses booting yang terjadi berulang-ulang baik saat belum masuk ke layar utama atau sudah masuk ke tampilan layar utama. Lalu Bagaimana Mengatasi Hp yang Restart Sendiri ini? Jangan Panik dahulu.

Smartphone Restart Sendiri atau Bootloop dibagi dalam tiga jenis yaitu bootloop ringan, sedang, dan berat. Jika hp atau ponsel Smartphone pernah mengalami hal ini, pastikan bahwa penyakit restart sendiri ini termasuk bootloop skala ringan. Karena jika lebih dari itu, tentunya Anda harus membawa smartphone tersebut ke service center terdekat.

Dan berikut adalah Tips dan Cara Atasi Smartphone BootLoop atau Restart Sendiri pada skala BootLoop Ringan.

Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)

Langkah Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop)



HARD RESET
istilah Hard reset dilakukan dengan melepas baterai ketika smartphone dalam kondisi hidup. Langkah ini bisa mengatasi bootloop ringan ketika smartphone terlalu panas atau RAM dan prosesor bekerja terlalu keras, biasanya saat digunakan untuk aktivitas multitasking atau bermain game dan smartphone Android tiba-tiba restart sendiri akibat kinerja RAM yang terlalu berat atau berlebihan.

BUANG APLIKASI MENCURIGAKAN
Penyakit Restart ini juga bisa disebabkan aplikasi bukan bawaan yang terinstal di smartphone Android. Biasanya aplikasi ini tidak kompatibel dengan software ataupun sistem operasi bawaan smartphone. Bisa juga aplikasi ini membawa malware yang mengakibatkan smartphone mengalami bootloop atau crash terus menerus. Menghapus aplikasi yang dianggap mencurigakan juga efektif menghilangkan bootloop di smartphone Android Anda.

LAKUKAN UPDATE SOFWARE
Jika terdapat bug di smartphone pada software bawaan smartphone juga bisa menjadi penyebab bootloop. Namun hal ini kecil terjadi. Akan tetapi, langkah melakukan update software baik melalui OTA maupun WiFi bisa menjadi salah satu langkah menghilangkan penyakit bootloop di smartphone sehingga software yang rusak atau corrupt kembali menjadi normal.

RESET KE SETINGAN PABRIK
Jika ketiga cara di sebelumnya masih belum bisa memperbaiki bootloop di smartphone Android Anda, maka pilihan reset factory bisa Anda lakukan. Nantinya cara ini bisa mengembalikan pengaturan smartphone ke kondisi awal dan menghilangkan masalah pemicu bootloop yang diakibatkan tindakan setelah pembelian smartphone. Untuk langkah ini jangan lupa back-up data dahulu karena akan menghilangkan aplikasi dan data pada ponsel.

Baca juga Cara mengatasi sinyal HP yang Hilang

Demikian tulisan mengenai Cara Mengatasi Android BootLoop atau HP Restart Sendiri. Jika langkah diatas dirasa masih muncul masalah bootloop, ada baiknya untuk menghapus beberapa file dan aplikasi yang terpasang agar kinerja RAM bisa sesuai denga kemampuan. Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda. Salam
Mengatasi HP Android yang Restart Sendiri (Bootloop) | Revie Hapsari | 5

17 komentar:

  1. udah saya lakuin smua cara yg di posting di artikel ini, tapi HP saya masih blom sembuh, masih suka kumat -_-, ada cara lain???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus gmna bro. Hp gw juga bgtu skrg

      Hapus
  2. Hp saya gatau sering restart sendiri. sebelum ke restart sih udah di uninstal semua aplikasinya. setelah itu ke restart sendiri kan, nah pas nyala lagi aplikasi2 yg udah saya uninstal tetep ada terus. begitu seterusnya.
    trus udah sering di recovery gitu, ke setelan pabrik juga sering tapi begitu lagi begitu lagi. gimana tuh caranya biar ga eror lagi ya? mksh

    BalasHapus
  3. Hp saya gatau sering restart sendiri. sebelum ke restart sih udah di uninstal semua aplikasinya. setelah itu ke restart sendiri kan, nah pas nyala lagi aplikasi2 yg udah saya uninstal tetep ada terus. begitu seterusnya.
    trus udah sering di recovery gitu, ke setelan pabrik juga sering tapi begitu lagi begitu lagi. gimana tuh caranya biar ga eror lagi ya? mksh

    BalasHapus
  4. Hp saya samsung galaxy Ace3, sering restart sendri pas di nyalain masuk ke sistem tggu 5 detik lngsung kumat (Restart sendiri) gmna caranya gan ?

    BalasHapus
  5. betullll , udah ke beberapa servis ganti software ga bisa, IC power bukan, terakhir sih infonya IMC ( internal memory ) yang harus diganti, tapi belum saya coba,lumayan di roxy minta 250rb, tapi usahakan ke servis centre dulu gan gan semua kalo dah fatal begitu. / mampir www.ari-idqo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx infonya gan.. Kira2 brp lma ya servisny

      Hapus
  6. This issue has been solved when i changed my SIM card with an another. I don't have a clue why this issue could be occured on my device (Samsung Galaxy Y), but it really works on me :)

    BalasHapus
  7. :D, terima kasih buat solusinya gan ,, salam sukses

    BalasHapus
  8. Caraa nya udah dilakuin semua tpi tetep aja Hp saya restar sendiri saat membuka aplikasi CM, trs klo mau di hapus tiba tiba mati sendiri. Trs solusinya kegmna? Makasih

    BalasHapus
  9. Klo pas lg proses ngeroot tiba2 restart sendiri itu knp n gmn y

    BalasHapus
  10. Samsung ace 3 ane restart sendiri kalo pas datanya nyala, kenapa ya ?

    BalasHapus
  11. Pas maen game hp saya mati sendiri pas hidup semua datanya hilang.cara mengembalikan data gmna gan please

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lihat di http://dandanponsel.blogspot.co.id/2015/09/mengembalikan-file-yang-terhapus-di.html

      Hapus
  12. artikel gak guna, gak ada tutorialnya

    BalasHapus